Headlines News :
Home » » Kementan: Kebutuhan Beras Akhir Tahun Cukup

Kementan: Kebutuhan Beras Akhir Tahun Cukup

Written By KROYA MEDIA on Minggu, 17 Desember 2017 | 05.22

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin kebutuhan beras di akhir tahun bisa terpenuhi. Di bulan Desember, yang biasa paceklik, panen raya terjadi di berbagai wilayah. 

"Sejak awal Desember, hampir setiap hari ada panen raya di berbagai wilayah. Jadi isu beras langka sama sekali tidak benar. Kebutuhan beras masyarakat di akhir tahun cukup," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi saat panen raya di Dusun Kedung Asem, Desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (17/12/2017).

Menurut Agung, sejak awal tahun 2017, tak pernah kurang dari 1 juta hektare sawah, bisa dipanen dalam satu bulan saja. "Target kita memang demikian. Supaya bisa mencukupi kebutuhan masyarakat," kata Agung. 

Rata-rata hasil panen dalam 1 hektare, kata Agung bisa mencapai 5 hingga 6 ton. Sehingga, produksi padi secara nasional dalam satu bulan, bisa mencapai 3 juta Ton.

"Untuk diketahui, saat ini, konsumsi padi nasional per bulan mencapai 2,3 hingga 2,4 juta Ton," kata Agung

"Ini tentu lebih tinggi dari angka konsumsi beras nasional per bulan," Agung menambahkan. 

Produktifitas padi nasional meningkat pesat. Menurut Agung, hal itu terjadi sejak program upaya khusus (upsus) percepatan produksi pangan digulirkan pemerintah pusat. 

"Harga terkendali, pasokan juga terkendali," ungkap Agung. 

Program itu, kata Agung, berjalan maksimal di Jawa Barat. Berdasarkan data Kementan, Jawa Barat menjadi wilayah dengan jumlah panen paling tinggi se-Indonesia. "Panen padi di Jabar paling tinggi di atas provinsi lain ya," kata dia.

Banun Harpini, Penanggung Jawab Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai Jawa Barat mengatakan pada Desember 2017 tercatat 183 hektare sawah di Jawa Barat panen. 

"Karawang menjadi wilayah dengan panen terluas pada periode Desember. Sampai hari ini, tercatat 23 ribu hektare sawah di Karawang sudah panen," beber Banun.

Seperti yang terjadi di dusun Kedung Asem, desa Srikamulyan, Kecamatan Tirtajaya siang itu. Para anggota kelompok tani melakukan panen padi pada areal sawah seluas 300 hektare. Luas tanaman padi yang telah dipanen baru sekitar 15-20 persen dari total padi yang siap dipanen, sehingga sisa yang belum dipanen sekitar 240 hektar. "Situasi seperti ini terjad di berbagai wilayah meskipun musim hujan," kata Banun.


Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3773878/kementan-kebutuhan-beras-akhir-tahun-cukup
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : KROYAWEB | KROYA MEDIA | DOMAIN SLD INDONESIA
Proudly powered by KROYAWEB.COM
Copyright © 2011. KROYA MEDIA - All Rights Reserved
Original Design by Jagonya Website Murah Modified by KROYA MEDIA